Taken

Judul                     :  Taken
Kategori                :  Fiksi Ilmiah
Eksekutif Prod.    :  Leslie Bohem & Steven Spielberg
Jumlah episode    :  10
Pemain                :  Julie Benz, Emily Bergl, Terry Chen, Steve Burton, Eric Close, Heather Donahue, Dakota Fanning, Matt Frewer, Joel Gretsch, Ryan Hurst, Adam Kaufman, Ryan Merriman, Michael Moriarty and Anton Yelchin.
Rilis                    :  Desember 2002 (Sci-Fi Channel)
Penghargaan       :  Emmy award for Outstanding Miniseries
Rating                 :  9

Iyah..judulnya memang cuma lima biji huruf, “t-a-k-e-n”, tapi karena kategorinya serial, maka jumlah totalnya ada 10 episode dengan rata-rata durasi setiap episode 88 menit. Jadi totalnya….ada 5 dvd, kalo diitung satu biji harganya 8 ribu, jadi totalnya 50 ribu yah. Kok kayaknya kelebihan 10 ribu..? Ya itu ongkos buat yang ngitungin total harganya..:D

Yang menarik, dari sampul dvdnya, baik yang orisinil atau yang “original”, tentu nama Steven Spielberg, kalo bagi aku sih ketambahan ama cewek imut-imut nan bening bernama Dakota Fanning. Nama Steven Spielberg sudah menjadi jaminan mutu bagi kelas-kelas film fiksi ilmiah macam Jurassic Park atau ET yang terkenal tahun 1982.

Ceritanya bukan lagi cerita satu masa atau waktu tertentu, tapi cerita multi generasi yang apes. Yup, apes karena turunan dari keluarga ini terus diculik alien sampai beberapa generasi. Gak tanggung-tanggung, ceritanya mencakup empat generasi dalam lima dekade. Dari masa perang dunia sampai masa piala dunia. Dari Nabi Adam sampai Adam Smith, terus Adam Malik, terus Adam Jordan…

Saking banyaknya aktornya, aku sampai lupa sendiri nama-namanya. Yang pasti awal ceritanya sama kayak orang yang lagi nguber gebetannya. Pesawatnya si alien ini (gak tahu jenis kelaminnya cewek apa cowok), sengaja dijatuhin di bumi, terus jatuhnya deket rumah gebetannya yang sudah punya anak, terus pura-pura sakit, biar si ceweknya kasihan. Tapi kayaknya jatuh beneran deh kemaren, bukannya kecelakaan. Mungkin pas ngantuk atau kehabisan avtur pesawatnya.

Singkat kata singkat cerita, si cewek dari keluarga Keys ini yang anaknya bakal diculik terus sama alien. Turunan anaknya si Keys ini nantinya juga diculik, trus dibalikin lagi. Nah turunannya anaknya anak si Keys ini juga diculik lagi sama alien yang sama trus dibalikin lagi juga, terusin sendiri deh sampe 70 generasi. Selain keluarganya Keys, keluarga lainnya, adalah keluarga Crawford yang terobsesi banget sama alien-alien, lebih tepatnya terobsesi ingin menerbangkan piring terbangnya.

Nah, everything happen for a reason pastinya. Walaupun kesiksa karena terus diculik lalu tubuhnya diubek-ubek sama alien, anak-naka keturunannya si keluarga Keys ini dikasih gift berupa kemampuan super yang tentunya bukan bawaan DNA manusia biasa. Yang paling spektakuler tentu cerita keturunannya Keys yang terakhir, siapa lagi kalo bukan Dakota Fanning. Nih anak punya kemampuan extraordinary dalam memanipulasi pikiran manusia, ruang dan waktu. Pas mau nyebrang jalan tuh anak nyelonong aja, lha bisa memanipulasi gerak sama waktu mobil-mobil yang jalan. Terus pas ditawan militer, dikasih aja yang ada di pikirannya tentara ijo-ijo, akhirnya hadirlah sebuah ufo yang mereka nanti-nantikan, meskipun sadar tapi sudah telat.

Karena fiksi-ilmiah ya sangat tidak disarankan bagi penderita amnesia, ibu hamil, penderita emosi berkepanjangan, atau yang masih belum genap mikirnya. Meskipun tidak seribet cinta fitri season 2 ceritanya, tapi ketelitian dan konsentrasi di setiap episode diperlukan supaya tidak kehilangan momen-momen penting yang kadang-kadang ditampilin gitu aja tanpa ada pemberitahuan lebih dulu.

Oh ya, ide cerita ini bukan fiksi semata. Kalo mau dimirip-miripin, pasti pernah dengar sama kejadian jatuhnya ufo di New Mexico, atau di area yang disebut sebagai “area 51”. Trus heboh karena video 3gp yang beredar di kalangan pelajar smp, yang pasti video si alien, bukan yang lain. Setting waktu sama dengan kejadian itu, meski ceritanya juga agak kabur karena memang tidak dipublikasikan secara resmi versi sebenarnya, minimal kita bisa tahu rekaan imajinatif kapal terbangnya si alien atau gimana tampang alien kalo jadi manusia, macem-macem wis…, ya seperti kata pak rt-ku, tinggal diambil hikmahnya saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: