The Garden of Words (言の葉の庭)

 

garden_of_words_mangazo_de_manipuladora_02_tierra_Freak_tierrafreak.com_.ar_

Makoto Shinkai kembali membuktikan kehandalannya dalam menampilkan sekaligus menggambarkan dalam bentuk visual relasi-relasi abstrak antar manusia, yang bahkan dalam penyajian peran secara riil (non-animasi) pun tampaknya sangat sulit dilakukan.

The Garden of Words dirilis secara premier pada bulan April 2013. Hal pertama yang mencolok adalah kualitas animasi yang mendekati “sempurna”. Bagaimana penggambaran di awal bagaimana air hujan yang jatuh ke tanah, suara kereta api, dan kekayaan warna seakan menegaskan kualitas film ini sebagai kiblat anime.

The Garden of Words tampak berusaha mematenkan gaya pemilihan narasi Makoto Shinkai sama seperti 5 Centimeters Per Seconds (2007). Narasi yang dibangun (atau lebih tepatnya dipotong) dari relasi yang intim dari sepasang manusia, tapi dengan ending yang berbeda (tapi tetap dalam suasana “menggantung”).

Melihat durasi tayangnya yang tak lebih dari 46 menit, aalnya memunculkan prasangka, apakah Makoto akan memilih memampatkan narasi yang panjang dan multi chapter seperti dalam 5 centimeters. Atau Makoto akan memilih kisah dalam genre romance yang pendek kemudian memberi bumbu-bumbu yang memperindah kisah tersebut? Tampaknya Makoto lebih memilih yang terakhir dengan kompensasi, seperti biasanya, penonton yang disuruh untuk berimajinasi tentang kelanjutan atau ending kisah ini.

Dalam durasi pendek tersebut, The Garden of Words memilih kisah keintiman singkat yang dibangun lewat pertemuan tidak disengaja antara pelajar 15 tahun bernama Takao Akizuki dengan Yukari Yukino, seorang wanita karir berumur 27 tahun. Pertemuan di Taman Nasional Shinjuku Gyoen dalam suasana hujan ini menjadi dasar kisah romansa ini terjadi.

Pertemuan antara dua tokoh yang tidak ideal ini (terutama dari sisi usia) dilebur oleh suasana mental yang sama, keduanya mengalami problematika yang serius. Takao bimbang ketika akan memasuki masa pelajaran baru di sekolah mulai menemukan keasyikannya dalam dunia desain sepatu. Yukari di sisi lain kehilangan passion di dunia kerjanya ditambah problematika kehidupan pribadi dan eating disorder yang diidapnya.

Interaksi yang pada awalnya simbolis menjadi cair dalam sebuah relasi dan ikatan yang cukup unik. Keduanya menjadi intens bertemu setiap ada hujan di pagi hari, mencoba mengenal satu sama lain, kemudian menimbulkan ketertarikan diantara keduanya. Pertemuan dengan Yukari memantapkan semangat Takao untuk mengejar passion-nya sebagai shoemaker, demikian pula Yukari yang tampaknya menemukan pelarian yang ideal dalam diri Takao.

Anehnya, baik Yukari maupun Takao masih tidak mengetahui nama maupun tempat tinggal keduanya. Kehangatan yang muncul tampaknya menegasikan pertanyaan-pertanyaan seperti itu. Hal ini bisa kita rasakan ketika dalam pertemuan pertama dengan Takao, Yukari menyampaikan sebuah tanka (sajak pendek penuh teka-teki) kepada Takao: Narukami no sukoshi toyomite, sashi kumori, Ame mo furanu ka? Kimi wo todomemu (A faint clap of thunder, Clouded skies, Perhaps rain comes, If so will you stay here with me?).

Setelah musim hujan berlalu, keduanya tidak bertemu lagi, dan malah bertemu dalam keadaan yang cukup mengagetkan bagi Takao. Ternyata Yukari adalah guru sastra klasik di sekolahnya yang sedang diskors karena ribut dengan murid-murid senior. Situasi menjadi rumit, terutama bagi Takao, tapi tak menyurutkan semangatnya untuk mengungkapkan perasaannya kepada Yukari dengan menjawab: Narukami no sukoshi toyomite, furazu to mo, warewa tomaramu, imoshi todomeba (A faint clap of thunder, Even if rain comes not, I will stay here, Together with you).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: